[Review] Satu Tahun Memakai Kompor Portable Winn Gas

Sekitar satu tahun yang lalu saya pernah memposting review dengan judul 'Hemat Dengan Kompor Portable' dan 'Tips Aman Menggunakan Kompor Portable'. Nah,sekarang saya akan memberi ulasan tentang kompor yang sudah saya pakai selama satu tahun itu. Kompor yang saya pakai adalah Winn Gas type 1B, merupakan kompor yang memiliki 2 fungsi,yaitu bisa untuk gas kaleng juga gas LPG. Berikut spesifikasi lengkap kompor yang saya pakai:
Selama satu tahun pemakaian saya tidak menemukan masalah apapun pada kompor winn gas ini. Menurut saya ini beberapa kelebihannya:
1. Anti Karat
Kompor ini memang anti karat, karena hampir semua bagiannya luarnya itu di lapisi dengan cat. dan juga terbuat dari alumunium, untuk tungkunya sepertinya dari besi tapi karena berlapis cat jadi tidak berkarat.
2. Mudah Di Bersihkan
Karena semua bagian yang terlapis dengan cat ini membuat lebih gampang untuk membersihkannya,biasanya saya hanya menggunakan tisyu saja, misal sangat kotor saya pakai tisyu basah.
Gambar di atas adalah saat kompor masih kotor setelah pemakaian dan gambar kedua setelah dibersihkan. Kurang lebih seperti itu penampakan kompor yang sudah satu tahun saya pakai. Berikut proses membersihkannya.
Bisa dilihat pada gambar, saya hanya menggunakan tisyu saja lalu kotoran bisa terambil semua karena memang kompornya terlapisi cat yang bagus, catnya tidak mudah terkelupas juga. Lalu di gambar yang bawah itu tungkunya saya lepas,biasanya saya cuci pakai sabun pencuci piring karena biasanya di bagian tungku kotorannya berkerak/agak keras efek dekat api dan lagi-lagi tungkunya juga anti karat karena dilapisi cat.

Dan hasilnya jadi kinclong seperti baru

 Sedikit tips dari saya, jika burner kompor anda menghitam karena terkena minyak yang biasanya akan menjadi hitam, anda bisa menggunakan bawang merah untuk membersihkannya. Kalau yang belum tau burner akan saya jelaskan,burner itu tempat keluarnya api yang ada di bagian tengah kompor.
Saya pernah mengalami,burner menghitam karna kena minyak goreng, saat itu kompor masih baru jadi sayang banget rasanya.Setelah saya gosok-gosok dengan bawang merah langsung sedikit memudar, dan setelah terkena api lama lama hilag total.

3.Hemat
Kompor winn gas ini memiliki pengatur api yang pas menurut saya, jadi menggunakan api di bawah minimal saja sudah besar apinya. Nah,biasanya saya kalau memasak selalu dengan api di bawah minimal atau minimal, hampir tidak pernah pakai api maksimal paling api sedang itu juga kalau lagi buru-buru biar cepet. Pengaturan api saat memasak itulah yang memperngaruhi cepat habis nya gas/tidak. Jika kita menggunakan api yang maksimal,paling satu kaleng gas hanya bisa digunakan beberapa jam saja, tapi kalau apinya sedang saya sebulan hanya pakai 2-3 kaleng itu saya gunakan lumayan sering. Saya biasa memasak apa saja,bisa ayam goreng, sayur-sayuran berkuah dll, jadi tidak hanya untuk memasak mie instan, kompor ini bisa untuk masak apa saja jangan takut gas nya akan habis seketika,,, hihihi.

4.Awet 
Bukti dari keawetannya adalah setelah satu tahun pemakaian saya belum mengalamai kendala apapun pada kompor winn gas ini, kondisinya masih normal,bisa dibilang masih seperti baru.
And overall,,,, saya jatuh cinta dengan kompor ini. Sekian review dari saya,semoga bermanfaat ^_^.
Update terbaru ,teman-teman saya di tempat kos sekarang banyak yang menggunakan kompor winn gas ini. Ada yang sebelumnya memakai merk lain tapi tidak awet,akhirnya beralih ke winn gas.


Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Alif Amila
AUTHOR
5 Agustus 2016 pukul 09.37 delete

Mbk kalo dibandingkan dengan penggunaan LPG, brarti lebih mahal dong ya. Anggap saja LPG 16000/LPG bisa habis 2 minggu kalo rajin masak (ini saya). Lha kalo pake gas kaleng, 1 kalengnya 12.000, bisa untuk berapa hari yaa. Takut ga irit.
dan masih bingung pengen yg Gas Portable atau Kompor Induksi :D

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
5 Agustus 2016 pukul 10.59 delete

halo mbak amalia,,,,
iya betul sekali,,, memang kalau di bandngkan dengan LPG ya jelas lebih murah LPG, heeee.... tapi kan bagi anak kost yg tempat kost nya sempit simpel pakai portable gas kaleng,penggunaannya kan juga jarang kalau anak kost.
kalau punya tempat yg memadai dan memang sering masak mending pakai LPG. makanya saya beli kompornya yg dua fungsi,gas kaleng dan LPG. :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Desember 2016 pukul 15.39 delete

saya pakai yg merk oxone.. hampir setaun ini,,, tp kapan itu habis saya isi gas saya nyalain meledak,,, ga ada apa2 sih karene bisa di padamkan,,, sy ganti merek gas kaleng pakai lagi bisa lagi... dan baru kemarin meledak lg krn sy ganti pk gas kaleng dr ace... apa pengaruh ya sist?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Desember 2016 pukul 15.39 delete

saya pakai yg merk oxone.. hampir setaun ini,,, tp kapan itu habis saya isi gas saya nyalain meledak,,, ga ada apa2 sih karene bisa di padamkan,,, sy ganti merek gas kaleng pakai lagi bisa lagi... dan baru kemarin meledak lg krn sy ganti pk gas kaleng dr ace... apa pengaruh ya sist?

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
2 Desember 2016 pukul 15.53 delete

kurang tau sis,,, soalnya saya belum pernah mengalami. alhamdulillah belum pernah meledak.... aman aman ajah,,,, =D

Reply
avatar
Yusuf Haris
AUTHOR
23 Februari 2018 pukul 21.15 delete

Mba kalo pakai gas LPG gimana?ko punya saya api nya kecil pakai LPG,tapi kalo pake gas kaleng besar?

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
26 Februari 2018 pukul 09.10 delete

maaf mas sampe sekarang saya belum nyoba pakai LPG. waktu itu tentangga yg pake LPG tpi saya ngga tanya2 soal apinya gmna.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12 Juli 2018 pukul 19.32 delete

Cara pasang pakai gas LPGnya gimana ya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 Maret 2021 pukul 19.10 delete

Cara pasang gas nya repot gasi kalo yg portable

Reply
avatar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya EmoticonEmoticon