Hati-Hati Jual Beli Penipuan di OLX


Beberapa hari yang lalu, teman saya terkena modus penipuan saat hendak membeli sepeda motor. Teman saya ini memang hobi sekali mencari barang di OLX, kadang hampir setiap penjual yang barangnya diminati langsung di sms. Tapi,mungkin kali ini nasib buruk sedang menghampirinya. Iseng-iseng yang biasa di lakukannya berujung duka,karena uangnya senilai 17,5juta ludes di lahap sang penipu.
Tujuan saya memposting ini,tidak lain agar teman-teman lebih berhati-hati lagi dalam bertransaksi online. Saya bukan bermaksud mendiscreditkan OLX, karena kembali lagi OLX hanya memberikan tempat bagi penjual dan pembeli. Tapi,saran saya OLX harusnya memiliki sistem rekber (rekening bersama) agar penjual maupun pembeli lebih aman dalam bertransaksi.
Untuk kisah teman saya yang kena tipu,mungkin akan saya ceritakan lebih detail di postingan selanjutnya. Kali ini saya ingin memberikan info saja,seperti apa ciri-ciri si penipu ini.
  • Karakter Iklan


Sabtu,9 Maret 2016 seharian saya sengaja memantau OLX, karena saya penasaran masih beroperasikah penipu yang kemarin sudah melahap isi ATM teman saya. Walaupun saya sebelumnya belum pernah melihat iklan yang menipu teman saya,tapi saya mengandalkan feeling saja dan saya pun menemukan iklan penipu itu yag beru di postingnya dengan akun baru.
Karakter iklan penipu biasa menggunakan akun member baru dan belum terverifikasi. Biasanya dalam keterangan tidak di tulis bisa COD, kadang juga di tulis kami siap bantu kirim untuk yang di luar kota seperti contoh iklan di atas. Hari itu saya melaporkan iklan si penipu sebanyak 3 kali,karena setiap iklan di blokir oleh OLX si penipu akan membuat iklan beru terus menerus.

  • Harga Lebih Murah dari Harga Pasaran
 Biasanya penipu akan memasang harga sangat murah,kenapa?? jelas agar pembeli lebih tertarik. Seperti Suzuki Bandit di atas,penipu memasang harga 17,5jt, padahal harga pasaran second nya 20juta ke atas bisa sampai 30jutaan. Dengan alasan sedang butuh uang,pelaku akan mudah membuat korbannya percaya.
  • Lokasi 
Penipu biasanya akan mendadak mengubah lokasi ketika korbannya ternyata berlokasi sesuai iklan.
Misalnya: Iklan di pasang berlokasi di Jakarta, maka ketika pembeli menghubungi dia akan bilang bahwa posisinya sudah tidak di jakarta. Atau membuat alasan kenapa iklan di pasang lokasi Jakarta karena surat-suratnya berada di jakarta. Lalu penipu akan memberikan opsi bahwa barang bisa di kirim ke alamat pembeli terlebih dahulu.
LOGIKA: Saya pun misalkan mau jual barang,tidak akan mau mengirim barang terlebih dahulu kalau pembeli belum membayar. Ini kok mudah banget, apa lagi nominal barangnya mahal.
Dengan modus penipu meminta KTP pembeli dan penipu juga memberikan KTP nya, ini membuat pembeli akan mudah mempercayai,padahal KTP yang di berikan penipu itu jelas-jelas palsu.
  • Foto KTP dan Resi Pengiriman
Penipu jaman sekarang sudah canggih teman-teman. 


Bisa teman-teman ketahui bahwa penipu itu kaya,memiliki perlengkapan yang canggih juga seperti komputer yang lainnya. Sehingga dengan mudahnya merak bisa mengedit KTP apa lagi resi pengiriman.
KTP orang yang telah menipu teman saya. saya yakin ini editan
Foto KTP penipu yang saya kerjai melalui iklan keduanya di OLX.

Dari bukti di atas anda bisa tau bahwa penipu tidak akan menggunakan KTP aslinya, cari mati kalau pakai KTP asli pastinya.
Mereka bisa mengedit dan mengubah semua isi KTP sesuka jidatnya. KTP di atas memiliki foto yang sama, tapi berbeda nama dan alamat.
yang kedua adalah bukti pengiriman, biasanya penipu memakai modus bukti pengiriman agar korban lebih percaya. Berikut ini contoh resi pengiriman palsu.
Disini,penipu menggunakan resi dakota. Sekilas,resi ini nampak asli, ada nama pengirim dan penerima yang benar dan sesuai. Tapi,jika di teliti lagi akan kelihatan palsunya.
yang pertama adalah kalimat "Via Kereta Api", jelas-jelas dakota adalah cargo yang hanya menggunakan transportasi udara,darat (mobil) dan laut,tidak ada via kereta api. yang kedua adalah nomor resi,seharusnya di pojok kanan atas terdapat nomor resi,tapi disitu tidak ada dan seolah di tutup.

Penjelasan saya di atas hanya beberapa modus yang di pakai penipu, saran saya teman-teman harus lebih waspada.
  1. Lakukan COD di tempat yang aman
  2. Jika melakukan COD jangan lupa membawa teman yang berpengalaman bisa 1 atau 2 orang
  3. Jangan mau bertransaksi tanpa bertatap muka,jika ingin begitu gunakanlah rekber (rekening bersama)
  4. Bicarakan dengan keluarga atau orang terdekat jika ingin membeli sesuatu dalam jumlah nominal yang besar.
Penipu sudah tidak lagi takut pada polisi,karena lambannya respon polisi Indonesia dalam menangani kasus penipuan. Teknologi semakin canggih,tapi tidak di imbangi dengan keamanan yang memadai.
Ingat pesan Bang Napi.
"Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya,tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah....!!! Waspadalah,,,!!!!

Previous
Next Post »

71 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
14 Juli 2016 pukul 03.29 delete

Terima kasih sudah memberikan cerita pengalaman bapak untuk mrngingatkan kita selalu dalam berhati-hati dalam transaksi via OLX. Saya mau share mengenai hal yang sama dalam transaksi via OLX.
" Siang tadi saya mengalami masalah antara penjual dalam membeli sepeda motor Vespa melalui sarana OLX. Penjual atas nama mahmuddin memasang iklan lokasi jakarta, beralasan karena motor plat bekasi. sedangkan Penjual mengatakan saat ini dia berada di Bdg yang ingin menjual sepeda motornya dengan harga 4.500.000. Setelah berbicara lama melalui hp akhirnya negoisasi harga sebesar 3.700.000 sudah termasuk ongkir (Bdg-Jkt). Penjual memgirimkan KTP dan nomor rekening bri No rek 50370101010103537 yang sesuai atas nama Mahmuddin meminta dp sebagai tanda jadi. Dengan bahasa yang sangat meyakinkan (tidak akan mengambil hak orang lain ) dan akhirnya saya coba kirim uang sebesar 300 ribu rupiah dan saya bilang akan bayar setelah barang diterima dan penjual pun menyetujui setelah negoisasi Dp. Tetapi setelah saya melakukan transfer penjual meminta bukti transfer. Lalu setelah Penjual mengecek saldo ia langsung bergegas ke Chargo untuk melakukan pengiriman sepeda motor beserta Surat Surat lengkap. Tetapi setelah tiba di chargo penjual meminta uang kembali sebesar 1 juta untuk tambahan untuk keperluan istri Yang sedang menjaga orangtuanya di rumah sakit. Karena pengiriman sepeda motor tanpa surat lengkap tidak diperbolehkan. Penjual beralasan tidak diperbolehkan oleh istri Jika dp cuma 300.000. Penjual minta tambahan 1 Juta untuk keperluan sang istri yang sedang menjaga orangtuanya dirumah sakit. Dan saya menolaknya berulangkali menanggapi setelah barang diterima saya akan lunasi kekurangannya. Penjual secara terus menerus minta tambahan. Sampai dia ingin meminjam uang 1 juta tersebutkepada tetangga sebelah agar sepeda motor Dan suratnya dapat dikirm. Dan saya tetap untuk menolaknya. Saya memiliki keraguan karena tidak sesuai pembicaraan di awal (Jika Barang akan dikirim beserta Surat lengkap dengan dp Yang Sudah disepakati) Dan saya memutuskan untuk tidak jadi membeli barang tersebut dan mempersilahkan kepada Penjual untuk mencari calon pembeli yang lain sesuai dengan keinginan dp Yang lebih tinggi. akhirnya saya meminta kembali dp yang sudah saya bayarkan tidak dikembalikan penjual dengan alasan dia rugi karena mondar-mandir (ke Chargo dll ) melalui balasan sms. Setelah itu kontak bbm saya dihapus. Dan saya hubungi ke nomor hp tidak diangkat. selanjutnya saya coba lihat iklan sepda motor tersebut telah dihapus dan penjual tersebut memasang iklan kembali dengan jenis motor yang sama,lokasi berbeda, mencantumkan pengiklan atas nama orang yang berbeda dengan alamat / no hp yang sama. Dengan kejadian ini saya berharap tidak terjadi kepada orang lain. Waspada selalu dalam setiap keadaan.

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
15 Juli 2016 pukul 09.44 delete

kasus bapak sama persis seperti kasus teman saya pak.
teman saya malah kena 17juta.
memang harus hati-hati pak transaksi via online,,, mending ketemuan saja di tempat yang aman.
karna kadang ketemuan pun masih bisa menipu.
semoga bapak mendapat rezeki yang lebih baik lagi pak. terimakasih atas sharing nya,,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 Agustus 2016 pukul 19.30 delete

Kasus bapak sama seperti kasus suami sy... suami sy sudah transfer 1 jt buat tanda jadi... sampai sampai suami saya nyusul dari Tangerang ke Bandung buat cari alamat orang tersebut... tapi nihil hasilnya... setelah saya searching di google ternyata sudah banyak kasus seperti ini.. saya terlambat saya sekarang menjadi korbannya.... tim kepolisian tolong bantu kami...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 Agustus 2016 pukul 19.31 delete

Kasus bapak sama seperti kasus suami sy... suami sy sudah transfer 1 jt buat tanda jadi... sampai sampai suami saya nyusul dari Tangerang ke Bandung buat cari alamat orang tersebut... tapi nihil hasilnya... setelah saya searching di google ternyata sudah banyak kasus seperti ini.. saya terlambat saya sekarang menjadi korbannya.... tim kepolisian tolong bantu kami...

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
6 Agustus 2016 pukul 09.03 delete

iya mbak,,, memang harus lebih hati-hati lagi.
teman saya juga sudah lapor ke polisi tapi nihil juga.
ya anggap saja pembelajaran mbak,ambil hikmahnya,agar kita lebih hati-hati kedepannya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 Agustus 2016 pukul 17.09 delete

Kasus bapak serupa dengan teman saya yang tertipu via OLX, Nama Pelaku : Restu Fatimah, dan Suaminya: Yusuf Ibraim. Keduanya warga desa Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar (Menurut KTP yang dikirimkan). Teman saya membeli produk senilai 4 juta. Modusnya sama kirim DP, namun ternyata harus segera dilunasin. dan kemudian hilang.

Sudah dilaporkan ke polisi tapi belum ada tanggapan.

Yang mau shopping online, sebaiknya pikir-pikir lagi deh. Nama Pasutri maut ini juga harap di black list.

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
10 Agustus 2016 pukul 11.05 delete

saya yakin KTP yang di kirim itu palsu mas.
karena penipu yang menipu teman saya juga bgitu,saya kerjain ngasih KTP nya dengan foto yg sama tapi nama dan alamat berbeda,sudah pinter main editingnya.

iya memang,percuma lapor polisi juga ngga bakal di tindak.
terimakasih sudah mau berbagi pengalamannya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 September 2016 pukul 19.25 delete

Kasus bp persis sama dg saya. Kejadian saya hati ini , Sabtu,4 September 2016.
Sy mau beli motor Vario tecnic seharga 6.520.000. sy nego dia ngasih 5.500.000
.sy transfer 2jt dlu. Stlh transfer pihak pengiriman tlp bahwa klo tdk dg surat2 motor barang tdk akn d krm. Krna takut motor bodong. Krna stlh sy tf 2jt. Dr pihak pwnjual bilang klo surat2 nya d tahan. Stlh sy d tlp sm pihak yg mengaku kurir, sy tlp pihak penjual. Dan seperti mendesak transfer kembali uang sisanya. Dan surat2 akn menyusul. Stlh sy mrasa yakin sy tf 3.350.000 krna uang sy d atm ngga ckup klo hrs tf 3,5jt. Awalnya sempat ragu. Tp pas sy ragu,lagi2 si penipu sprti meyakinkan sy. Stlh sy tf,sy mau konfirmasi ke pihak pengiriman udh tdk aktf. Pihak penjual sdh tdk aktid. Bm sy langsung d dc. Mngkn mmng blm rezeki sy. Hnya berbagi info agar lbih waspada dlm bertransaksi online. Klo olx mendingan cod an lngsung. Jngn prnh mau transfer.

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
5 September 2016 pukul 08.36 delete

iya mbak sama persis modus nya,,,
terimakasih sudah mau berbagi ceritanya mbak...
ambil hikmahnya supaya lebih hati-hati ya mbak dan semoga tidak ada lagi korban dengan modus seperti ini,,

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6 September 2016 pukul 00.43 delete

Saya penipu di OLX dengan nama Bahari
nomor handphone saya: 083815393912
No rekening BRI a/n Choiriyah
Acc: 148401000989534

Hati-hati para pengguna OLX jangan tertipu sama saya
saya sudah dilporkan ke pihak berwajib, dan hanya menunggu waktu untuk diblokir rekening saya dan berurusan dengan pihak berwajib

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 September 2016 pukul 08.13 delete

saya juga hampir ketipu mas, awalnya saya hendak mencari speda motor scorpio z lawas area tulungagung, nah kebetulan ada yng jual nih motor th2008 harga 7,7 jt, murah bgt, setelah saya hubungi, ternyata ngakunya motor ada di bogor, si penipu pinter banget buat ngeyakinin saya, katanya transfer dikit dulu baru kirim, kalo ga cocok bisa disimpan di rumah saya dulu, n anehnya lagi, saya blm konfirmasi sudah main kirim2 aja, pakek resi palsu juga,
akhirnya saya ke pihak ekspedisi buat nanya resi, ternyata memang palsu

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
19 September 2016 pukul 09.15 delete

Alhamdulillah masih rejekinya sampean mas,,, belum kena modusnya,,, jadi pelajaran supaya lebih hati-hati kedepannya.
terimakasih sudah mau berbagi kisahnya,,

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
28 September 2016 pukul 18.07 delete

Tadi saya hampir ketipu, ceritanya saya mau beli mobil. Mobil ada di tasik. Sy ada di bdg, penipu minta tanda jadi uang sbsar 1 jt. Tp sy minta potoin ktp, bkpb, dan stnk. Penipu mengirimnya, sy analisis poto tsb. Sy kebetulan lulusan IT dan sangat menyukai editing manipulasi di photosop. Dan sy jamin foto tsb manipulasi. Sy telpon org trsbt, sy minta foto yg lain dr beberapa sisi. Kalau perlu bapak pegang ktp, bpkb, dan stnknnya dgn background wajahnya. Kalau berani sy transfer 5 jt langsung (pdhl cm gras saja). Sipenipu ngga berani dgn dalih ada urusan. Sy bentak akan sy laporkan anda ke polisi. Trs kabur dan dimatikan telponnya. Hehehehe

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
29 September 2016 pukul 08.29 delete

terimakasih pak sudah mau berbagi ceritanya.
Alhamdulillah karna ketelitian akhirnya terselamatkan dari penipu.
Semoga makin banyak orang yg lebih hati-hati.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Oktober 2016 pukul 20.16 delete

Pada hari ini tanggal Minggu, 02 oktober 2016,
Baru saja saya kena tipu untuk pembelian laptop .
Saya sudah transferkan uang DP yg dia minta, dia bilang sudah otw JNE dan laptop sudah siap kirim trnyata dia cuma foto barang yg sudah ad d JNE dan dia menelepon saya kembali untuk pelunasan jumlah uangnya, karena dia bilang jika belum melakukan pelunasan barang belum bisa dikirim.Nah saya sudah mulai curiga dari situ karena saya sebelumnya menelepon pada pihak jne nya bahwa tidak ada ketentuan seperti itu. Saya coba kembali telpon si penipu dia kekeh dengan asumsinya bahwa barang hrs dilunasi baru bs dikirim. Dari situ saya benar2 yakin ini penipuan.
Saya harap temen2 semua bisa belajar dari pengalaman saya ini agar lebih hati2 dan jangan mudah tertipu oleh onlineshop OLX. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran bwt saya pribadi dan saya sudah iklas, semoga uangnya menjadi berkah .
hati-hati iya semuanya jika ada orang minta transfer kepada a.n Budi Anwar
Norek : 1084301570010103 Bank BTN
itu adalah PENIPU.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Oktober 2016 pukul 20.18 delete

Pada hari ini tanggal Minggu, 02 oktober 2016,
Baru saja saya kena tipu untuk pembelian laptop .
Saya sudah transferkan uang DP yg dia minta, dia bilang sudah otw JNE dan laptop sudah siap kirim trnyata dia cuma foto barang yg sudah ad d JNE dan dia menelepon saya kembali untuk pelunasan jumlah uangnya, karena dia bilang jika belum melakukan pelunasan barang belum bisa dikirim.Nah saya sudah mulai curiga dari situ karena saya sebelumnya menelepon pada pihak jne nya bahwa tidak ada ketentuan seperti itu. Saya coba kembali telpon si penipu dia kekeh dengan asumsinya bahwa barang hrs dilunasi baru bs dikirim. Dari situ saya benar2 yakin ini penipuan.
Saya harap temen2 semua bisa belajar dari pengalaman saya ini agar lebih hati2 dan jangan mudah tertipu oleh onlineshop OLX. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran bwt saya pribadi dan saya sudah iklas, semoga uangnya menjadi berkah .
hati-hati iya semuanya jika ada orang minta transfer kepada a.n Budi Anwar
Norek : 1084301570010103 Bank BTN
itu adalah PENIPU.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 Oktober 2016 pukul 19.00 delete

Seharusny ada pemblokiran dr BI shgga pelaku dibekukan dlm perbankan. Polisi jg kurang cepat & tanggap apabila ada kasus penipuan online yg menyebabkn kerugian sedikit.

Reply
avatar
wiyadash
AUTHOR
8 Oktober 2016 pukul 21.18 delete

Persis... Ini saya lagi BBM sama yang mungkin penipu. Persis kaya diatas, tapi pas tanya2 pas malam jam 9. Dia bilang sudah ada yg mau deal tapi tggu istrinya setuju, kalo mau bisa dikasih. Langsung kirim malam ini juga, bayar belakangan. Ane jawab aja kalo malam ini belum deal saya besok pagi minta video nya pengen denger suara mesin. Hahaha dianya binggung om.

Reply
avatar
wiyadash
AUTHOR
8 Oktober 2016 pukul 21.19 delete

Persis... Ini saya lagi BBM sama yang mungkin penipu. Persis kaya diatas, tapi pas tanya2 pas malam jam 9. Dia bilang sudah ada yg mau deal tapi tggu istrinya setuju, kalo mau bisa dikasih. Langsung kirim malam ini juga, bayar belakangan. Ane jawab aja kalo malam ini belum deal saya besok pagi minta video nya pengen denger suara mesin. Hahaha dianya binggung om.

Reply
avatar
12 Oktober 2016 pukul 10.27 delete

Alhamdulillah buat postinganya sy g jd kena tipu.. sy hari ini hampir saja kna tipu

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
12 Oktober 2016 pukul 10.44 delete

hahah alhamdulillah om ngga jadi kena,,,
memang harus hati-hati dan di kerjain sekalian,,,
terimakasih sudah mampir...

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
12 Oktober 2016 pukul 10.45 delete

masih untung baru kasih DP ya pak. semoga di ganti dengan rejeki yang lebih baik,,,, aamiin... terimakasih sudah berbagi ceritanya pak

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
12 Oktober 2016 pukul 10.46 delete

syukur alhamduillah mas,,,,
supaya lebih hati-hati lagi,,,,,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 Oktober 2016 pukul 23.57 delete

Kalau boleh tau kalo sudah tertipu dari olx itu bisa dilaporkan atau tidak?
Bagaimana untuk melaporkan penipuan kayak gitu?
Teman saya habis tertipu
Mohon bantuannya

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
17 Oktober 2016 pukul 08.41 delete

bisa di laporkan mba.biasa nya harus ke polres langsung. Dengan membawa bukti misalkan resi transfer/yg lain.
tapi biasanya tidak di proses apa-apa oleh kepolisian,paling di kasih surat bukti laporan untuk blokir rekening penipu...
dan sudah,,, hanya sampai di situ mba.,uang ngga akan bisa kembali.

Reply
avatar
22 Oktober 2016 pukul 18.14 delete

Hemmm ternyata modus penipuan ya.saya tertarik ada link laptop second di olx.posting lokasi makassar tpi barang dibandung.dia minta DP dulu.saya bilang COD dibandung kebetulan saya mau kebandung...hampir saja trf DP :)

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
25 Oktober 2016 pukul 14.56 delete

Alhamdulillah ngga jadi kena tipu bang....
semoga lebih hati-hati kedepannya,,,
terimakasih sudah mampir dan berbagi ceritanya,,,:)

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
25 Oktober 2016 pukul 15.00 delete

saya pernah tanya ke salah satu teman saya yang kerja di bank. katanya jika ada penipuan seperti itu dan korban mengajukan blokir rekening, rekening hanya di blokir pada jangka waktu tertentu saja dan uang juga ngga bisa kembali.
betul,memang amat sangat kurang tanggap,teman saya yang lapor juga hanya di buatkan laporan kehilangan saja. setelah itu selesai tdk ada tindak lanjut

Reply
avatar
27 Oktober 2016 pukul 14.30 delete

trimakasih atas informasinya semua ,,,
membuat ku bisa lebih berhati-hati

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29 November 2016 pukul 10.19 delete

Hari minggu tgl 27 Nov 2016 pacar saya juga kena tipu iklan di OLX,, Doi beli Efek Boos GT 8 seharga 1,5 juta nama pengiklan BUDIMAN lokasi MEDAN. Lalu dia minta DP setengah nya 750 rbu dan sisa nya setelah brg di terima, penipu meyakinkan dgn mengirimkan foto KTPnya. Sebelum saya transfer saya udah tegasih yakin mau beli ini brg? hrg 1,5 juta beli online beresiko bgt kcuali COD. Doi tetep kekeh bahkan smpet berantem soal ini. Akhirnya saya transfer ke Rekening Penipu itu bank BNI atas nama BUDIMAN 0464100745. pacar saya sempet minta foto brg yang mau di packing tpi penipu bilang besok pagi. ketika besok pagi nya di WA gak di baca2 dan ketika di tlp masih aktif baru mulai curiga deh kita akhirnya cek iklan di olx lagi dan sudah gak ada tuh iklan nya setelah di cross check di google foto yg di pake penipu sama persis dengan 2 iklan lain nya di OLX dengan lokasi beda di Lampung & Semarang. Sampe sore trus kita hubungi gak ada respond tapi WA yang tdi pagi udah di baca dan gak di bls di coba tlp ternyata no hp di alihkan. Setelah share di group ternyata itu org sering nipu. Dan setelah di perhatikan nama di KTP pelaku itu kya editan karena font nama nya beda dgn font lain nya.

Reply
avatar
9 Desember 2016 pukul 13.47 delete

Permisi ada modus baru mereka jual harga yg miring banget dan itu jualnya kyak ngedrop di suatu daerah nah di sana dia(penipu kampret) jual macem2 barang kbnyakan di kamera harganya selisih 2jt dari harga aslinya nggk masuk akal. Hati2 kalo ada yg kayak gini mending COD-an

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 Januari 2017 pukul 20.32 delete

Kasus yg sama gan,baru pada tgl 7 januari 2017 kemarin temen saya kena tipu,dia hendak membeli motor honda cb150R pokonya modus nya sama banget kaya cerita agan agan di atas,dia ngasih identitas id card profesi dokter bedah di denpasar,bali.
Nama nya: M.ari kurniawan (082193544945)
Pitra/ istri m ari.k (082259128768)
Kawan saya teetipu 8jt.
Berarti kalau mau di lanjuti kasus nya,sulit yaa untuk uang nya kembali??
Karena temen saya sudah drop dia bingung untuk melanjutkan kasus nya atau tidak.
Kalau dia lanjutkan,dia pun sangat ragu akan hasil uang nya kembali.
Terimakasih gan,semoga olx ke depan nya jauh lebih baik,agar transaksi antara penjual dan pembeli aman.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 Januari 2017 pukul 20.34 delete

Kasus yg sama gan,baru pada tgl 7 januari 2017 kemarin temen saya kena tipu,dia hendak membeli motor honda cb150R pokonya modus nya sama banget kaya cerita agan agan di atas,dia ngasih identitas id card profesi dokter bedah di denpasar,bali.
Nama nya: M.ari kurniawan (082193544945)
Pitra/ istri m ari.k (082259128768)
Kawan saya teetipu 8jt.
Berarti kalau mau di lanjuti kasus nya,sulit yaa untuk uang nya kembali??
Karena temen saya sudah drop dia bingung untuk melanjutkan kasus nya atau tidak.
Kalau dia lanjutkan,dia pun sangat ragu akan hasil uang nya kembali.
Terimakasih gan,semoga olx ke depan nya jauh lebih baik,agar transaksi antara penjual dan pembeli aman.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Januari 2017 pukul 07.44 delete

Ane ngalamin kasus juga mau bli sepeda gunung tp dsuruh transfer dulu uang ny dan dy ngirimin foto ktp,sim,n foto2 ny...sy jd curiga trus sy bilang kirim barangny dlu baru sy transfer,dy mau tp ane dsuruh ngirim foto ktp n sim ane juga biar dy yakin..trus ane kasihn k dy..tp tetep aj stlh dpet foto2 ane dy mau minta DP ny..trus ane pinta no rekeningny trnyta nama di no rekeningny beda sm ktp n sim dy..alesany norek sepupuny,rekening dy ud exp..ane pinta ktp spupuny kt dy lg dbikin,ane pinta lokasi dy via bbm kt dy lg kg drumah..baru dh ane sadar ane ud ktipu ,kg ktipu duit sih tp ktipu foto ktp n sim ane n foto ane atas nama" amar fiki alamat bendungan cilodong depok" n sim ane "amar fiki alamat jatijajar depok''


Ini norek ny harap hati2 dah : 053701034669502. Atas nama fadli sebastian cahyadi
bank bri..sp tw nanti ad yg cari info tentang norek ini mending ajakin COD aj dh

Reply
avatar
Gi Joe
AUTHOR
3 Februari 2017 pukul 23.46 delete

Klo saya hampir ketipu pas mo beli mobil, modusnya
1.si penipu pasang harga mobilnya murah bgt
2.Penipu bilang mobilnya msh dititip kunci di leasing karena nunggak 4 bulan,
3.penipu mengatakan harus ada pembayaran minim 1 bulan agar tidak keluar Sp 3 dan mobil akan ditarik leasing
4.Penipu memberikan nomor hp pihak leasing untuk saya hubungi, dan saya langsung konfirmasi ke pihak leasing via telpon
5.PIHAK leasing mengharuskan ada pembayaran minimal 1 bulan sebesar 5,8jt sebelum jam 8 mlm, dan mengarahkan saya tuk segera mentransfer uangnya agar tdk kluar SP3
6.SAYA hampir percaya saja, tp feeling saya, ini psti penipuan.saya katakan ke pihak leasing bahwa saya mau cek unit dlu d leasing nya, surat2 lengkap dll..
7.Pihak leasing bilang skrg kantor sdh tutup, dan apabila saya tdk transfer sebelum jam 8 mlm, sp3 akan diterbitkan..
8.Akhirnya saya putuskan untuk tdk mentransfer uangnya, dan saya selamat dari modus penipuan tsb,
9.Saya melaporkan ke pihak OLX agar iklannya di blokir

Reply
avatar
Gi Joe
AUTHOR
3 Februari 2017 pukul 23.55 delete

Untung gk keburu transfer ya gan

Reply
avatar
Sari
AUTHOR
18 Februari 2017 pukul 22.26 delete

Hem...iy byk pnipu suami sy mw tnh mobil...hrga sgt miring .ktny dya dr bedah dlmpung....jual murah krn ad nazar istrny lhiran slmt....pas dtny alamat...kmi bilang dketan akting maw saudara....dy lgsng dc n kbur...pke nyuru dp 20 persen...untung sy sllu mngitkan suami...mg aj sadar pra pnipu

Reply
avatar
Sari
AUTHOR
18 Februari 2017 pukul 22.27 delete

Hem...iy byk pnipu suami sy mw tnh mobil...hrga sgt miring .ktny dya dr bedah dlmpung....jual murah krn ad nazar istrny lhiran slmt....pas dtny alamat...kmi bilang dketan akting maw saudara....dy lgsng dc n kbur...pke nyuru dp 20 persen...untung sy sllu mngitkan suami...mg aj sadar pra pnipu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Maret 2017 pukul 10.09 delete

ni saya juga modunya sama ..masih proses nih ..dia nanyain terus udah tranfer masa katanya ..nagakunya dr H budi anwar jul motr olx atas nama bogor tp bilangnya dia di lampung..bilangnya supirnya udah di cargo lampung dg ngrim poto. enaknya di apain ya.. ni no
klw ada yang melacak..082292175868 masih aktif

Reply
avatar
Melon168
AUTHOR
4 Mei 2017 pukul 17.20 delete

Saya kena tipu beli AC sharp huhu sedih, padahal duit juga pas pas an, buka harga 2,5 ak tawar 1,5 boleh lama mikir eh harini td trf 1,5 tp ac tak kunjung dtng,,,,, padahal ud pesan beberapa gojek tp pd cancel setelah tlf k yg jual, giliran ak suruh dy yg pesan gojeknya ternyata gada respon, and pict WA tiba2 hilang
Trus di tlf blokir, omg sedih nya

Reply
avatar
Melon168
AUTHOR
4 Mei 2017 pukul 17.29 delete

Saya kena tipu beli AC sharp huhu sedih, padahal duit juga pas pas an, buka harga 2,5 ak tawar 1,5 boleh lama mikir eh harini td trf 1,5 tp ac tak kunjung dtng,,,,, padahal ud pesan beberapa gojek tp pd cancel setelah tlf k yg jual, giliran ak suruh dy yg pesan gojeknya ternyata gada respon, and pict WA tiba2 hilang
Trus di tlf blokir, omg sedih nya

Reply
avatar
Red
AUTHOR
7 Mei 2017 pukul 20.11 delete

Suami saja juga barusan kena tipu ud transfer full 7,8 juta dan ternyata pas saya serching baru tahu kalo ini modus penipuan..dia mengatasnamakan profesinya sebagai dokter no dia masi aktif..sebaiknya bagaimana solusinya ya?apa dilaporkan ke yang berwajib aja biar penipu2 online shop jera..thx

Reply
avatar
Red
AUTHOR
7 Mei 2017 pukul 20.13 delete

Suami saja juga barusan kena tipu ud transfer full 7,8 juta dan ternyata pas saya serching baru tahu kalo ini modus penipuan..dia mengatasnamakan profesinya sebagai dokter no dia masi aktif..sebaiknya bagaimana solusinya ya?apa dilaporkan ke yang berwajib aja biar penipu2 online shop jera..thx

Reply
avatar
Admin FK
AUTHOR
8 Mei 2017 pukul 09.40 delete

dari pengalaman teman saya si,, setelah lapor polisi tidak ada tindakan apapun sis.
hanya di beri surat untuk blokir rekening penipu ke bank. dan uang juga tidak bisa kembali sis,pihak bank hanya bisa memblokir.

Reply
avatar
bellapratiwiprat@gmail.com
AUTHOR
10 Mei 2017 pukul 00.37 delete

ya allah , sama banget ini saya rasa grup dia juga yang tipu saya nomornya juga 0858 , saya sudah tfr 3,5 jt , saya minta tlong pihak olx dan polisi bisa mentidak lanjuti masalah ini, karena saya susah paya nabung dg uang saya sendiri dan saya masih sekolah, saya percaya karena dia sudah krim ktp dan sim dan fotonya bagaimana saya percaya banget.

Reply
avatar
22 Mei 2017 pukul 19.42 delete

Saya juga sana baru kena tipu beli stroller bekas di olx...sdh transfer tapi barang ga dikirim...di tlp dan sms g aktif..pas aktif saya bilang dia mau nipu...saya kataa katain dia cuma bilang hehehe...skrng kapok belanja ol di olx...penipu pakai bri atas nama winda sakinah utami

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 Juni 2017 pukul 01.24 delete

Saya kamaren hampir kena tipu. Ada dua orang yg alesannya mau beli baju produk yg saya jual. Satu di jakarta timur satu di sukabumi. Mereka kirim ktp. Alesan mereka udah transfer pakai E-cash mandiri. Pas di cek ga masuk ke rekening saya. Alesannya harus kode otp nanti di pandu. Nah sadar saya klo itu modus penipuan. Ternyata ecash mandiri ga bisa ke BCA(kartu saya) merek bilang bisa. Padahal bohong mereka..maksa saya buat ikutin panduan mereka. Saya gamau. Langsung saya blokir mereka. Hati hati untuk beli beli barang OLX. Lebih baik COD tapi COD pun hrus hati hati dan teliti.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 Juni 2017 pukul 14.32 delete

Hari ini saya tlp 2 nomer tlp penawaran motor di olX dan carmudi. Stlk ditlp, keduanya bilang barang sdh di luar kota dan akan dikirimkan klo mmg tertarik. Nanti bayarnya stlh terima barang.
Ternyata banyak modus sprti ini...

Reply
avatar
ThUnK_ThInK
AUTHOR
4 Juli 2017 pukul 17.11 delete

sis boleh bagi kontak WA nya, mau tanya2 soal kompor portable, trims

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 Juli 2017 pukul 21.05 delete

Saya mau beli motor di olx ..motor flat b tapi orang nya di aceh....minta dp duluan...lagi...hadeh untung kagak jadi....:)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 Juli 2017 pukul 21.06 delete

Saya mau beli motor di olx ..motor flat b tapi orang nya di aceh....minta dp duluan...lagi...hadeh untung kagak jadi....:)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 Juli 2017 pukul 00.04 delete

Awas penipuan... Hindari transfer dana sebelum cek barang.
KLIK...KETEMUAN(CEK BARANG)... DEAL. Itu yang betul.
Bukan KLIK... TRANSFER DP...AMBLAS.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
13 Juli 2017 pukul 09.21 delete

saya juga ketipu setelah kirim foto SIM, saya diminta transfer Rp 2jt sbagai dp. ktnya dia mau ke kargo setelah itu, tapi surat surat ditahan dulu krn belum lunas. malamnya ada telepon yang mengaku dari pihak kargo katanya motor blm bisa kirim karena belum ada surat-suratnya. saya telepon penjualnya, katanya gini saja, dilunasin dulu saja supaya bisa dikirim. saya minta foto STNK dan BPKBnya dulu tapi katanya ada di istrinya. karena saya tetap tidak mau transfer akhirnya dia kasih foto STNK dan BPKB tapi sudah diedit. Saya batalin pembelian tersebut. cuma sekarang yang saya kuatirkan takutnya foto SIM saya dipakai untuk menipu lagi. gimana sebaiknya ya??

Reply
avatar
14 Juli 2017 pukul 10.34 delete

gimana agan2 cara mengenali bahwa barang yang dijual itu bukan tipuan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Juli 2017 pukul 15.41 delete

Kasus ini sama dengan saya. Saya pun tertipu dengan modus seperti ini. Saya tertipu beli motor honda tiger 2001 senilai 5 juta. Penjual a.n Aris WIDJAJA alamat semarang lokasi iklan di banten

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28 Juli 2017 pukul 14.07 delete

Terimakasih infonya, hari ini saya komunikasi dgn penipu yg sesuai dengan diposting. Masih belum jera juga. Mudah2an bisa tertangkap

Reply
avatar
kaossablon
AUTHOR
1 Agustus 2017 pukul 14.43 delete

Nomor WA dan HP +62 815-8554-8634 / 081585548634 Adalah penipu
Dengan nomor rekening atas nama
BRI
An. SUMARNI
Acc. 7427 01 006868 538 / 742701006868538

Hati2.. Penipuan.. modus kirim DP. Pembicaraan Halus, foto WA alim, tapi editan SIM dan KTP nya kurang rapih, aneh. Cek dulu sebelum transfer,
Minta video barang yg mao di kirim

Reply
avatar
Gesy Puspita
AUTHOR
3 Agustus 2017 pukul 22.22 delete

di dunia iklan jual beli online emang harus serba hati- hati nihh.

ninggalkan jejak yah gan, saya juga ada cerita tentang penipu yg mencoba menipu saya dgn cara membeli barang yg saya jual di OLX. semoga bermanfaat

http://eingeborenerkampfer.blogspot.com/2017/08/hati-hati-penipu-berkeliaran-di-olx.html

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 Agustus 2017 pukul 23.13 delete

Baru saja saya kena tipu dengan modus yg sama kali ini dia mengaku sebagai anggota TNI YONIF 312/KH saya membeli Honda Beat 2016 dengan total kerugian 9jt dengan nomor 081527881416 an Kateman Putra dan no rek BRI atas nama Eka Sumirat 327001045948534 hati hati terhadap modus penipuan dengan pengiriman barang terlebih dahulu di sertakan bukti resi pengiriman dan jaminan identitas KTP dan SIM dengan metode transfer ke rek dgn nama yg tidak sesuai dengan identitas KTP dan SIM kemudian di telepon oleh orang tak dikenal pihak ketiga sebagai penghambat pengiriman sebagai kurir atau petugas bea cukai dll untuk memeras kembali konsumen buyer OLX agar melancarkan proses pengiriman segera sampai dor to dor semoga postingan ini bermanfaat dan selalu waspada !! Pesan kepada institusi POLRI yg saya cintai mohon agar kasus ini segera di tindak dengan cepat karena korban tidaklah hanya 1-2 org melainkan banyak org bertransaksi secara online yg tentunya banyak kerugian di alami oleh masyarakat. Terimaksih

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6 Agustus 2017 pukul 23.47 delete

Kedok penipuan skg pura2 pakai ijin istri. Padahal barang yg di jual punya tetangga. Saking lihainya foto2 yg kita minta, membuat kita tergiur. Tapi yang anehnya pas setor uang pakai nama pengguna nasabah yg berbeda. Alhasil lost deh 4.2 juta. Hati2 utk pembeli online alangkah baiknya menggunakan jasa rekber atau dp sementara dengan nominal terkecil, guna menghindari hal2 yg tidak diinginkan. Sisanya bisa lsg pantau ke tkp.

Reply
avatar
Nurul Dizny
AUTHOR
25 September 2017 pukul 14.44 delete

Hari ini sya jg kena tipu pihak yg mengaku2 sebagai anggota TNI dri semarang... dia menjual honda scoopy dgn harga 7jt... sya awalnya ragu tp karena butuh jg sma motornya & percaya klo dia tentara gg mungkin menipu... alhasil sya ikuti proses transaksinya... dia kirim motor dlu terus menunjukkan no resi nya... lalu sya tranfer senilai 3,5jt... setelah itu dia minta transfer lg 2,7jt dgn alasan butuh uang untuk biaya operasi mertuanya... tp tdk sya transfer karena perjanjian di awal uang di transfer lg klo motor sudah sampai... dia janji motor datang hari senin... tp sya dapat konfirmasi dri pihak kargo klo sya harus mentransfer uang asuransi senilai 2,7jt sebagai jaminan untuk melancarkan pengiriman... nah dri situ sya baru sadar klo sya di tipu.... semoga tdk ada lg korban spt ini ya... sedih bgd...


Ciri2 modusnya hampir sma dgn cerita2 diatas... namun berbeda dlm penggunaan inisial... dia orang semarang yg menerbitkan iklan di bdg dgn alasan plat no motornya D...
seribu cara mereka lakukan untuk melakukan hal spt ini... semoga kasusnya segera bsa di usut oleh pihak berwajib...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27 Oktober 2017 pukul 03.21 delete

boleh saya minta kontaknya mbak, email atau lainnya. saya sepertinya kena tipu oleh Aris Widjaja , tapi dia bertempat di Madiun.

Reply
avatar
17 Maret 2018 pukul 23.07 delete

HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
DARI-rossastanleyloancompany

Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

* Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Long term payback (1-30) Long
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter resmi: Rossastanlyloan
Official Facebook: rossa stanley favor
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silahkan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) posisi saat bekerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Durasi Pinjaman:

12) nama facebook:

13) nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

Reply
avatar
Syaifull
AUTHOR
11 April 2018 pukul 11.55 delete

untuk para penipu ,,,tunggu saja stelah kamu mati,,,neraka..neraka menunggu kamu..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 Mei 2018 pukul 19.48 delete

hati2 juga buat para tukang service HP yg cari spare part/kanibalan HP di olx modus jual HP rusak kondisi lengkap. Kita kadang berpikir ga mungkin nipu lah toh barang rusak.. ternyata saya tertipu juga. Ciri2nya id baru pas dtelpon gak mau angkat dengan berbagai alasan di Chat WA. Usahakan COD klo di OLX. jangan mau Transfer dulu.
Bukan besar atau kecilnya tapi ini sudah kriminal penipuan dan buat para penipu Duit yang kau dapatkan dengan cara itu tidak akan berkah yang tak akan buat kalian tenang.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 Juli 2018 pukul 19.46 delete

Ya alloh,smg yang menipu saya,mas kateman putra mendapatkan hidayah dr alloh, diberikan kesadaran,bahwa siapa menanam pasti akan menuai

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 September 2018 pukul 23.44 delete

Sayang sekali saya baru baca sharing pengalaman dari rekan2 setelah tadi pagi saya kena tipu.. uang saya 2 juta melayang begitu saja.. modusnya sama persis dengan cerita d atas, penipu mengatakan bahwa barang berada d Madiun sementara postingan d OLX di Bekasi..
Saya terjebak dengan kata2nya di W.A kelihatanya islami banget, sampai2 berani bersumpah dengan nama Allah..untuk meyakinkan saya dia mengirimkan photo KTP, SIM dan juga KTP yg katanya milik istrinya.. intinya sangat meyakinkan sekali, dia beralasan menjual barang /sepeda gunung karena sangat butuh uang untuk pembelian obat orang tuanya yang sedang sakit, dan dia memakai photo dp w.a nya dengan background mobil ambulan.. baru sadar bahwa saya telah kena tipu ketika pihak expedisi/komplotan nya mengatakan bahwa harga barangnya terlalu murah sehingga perlu d tambah lagi.. mereka minta transfer kembali..saya tambah yakin dgn aksi penipuan tsb setelah mereka sangat kekeh/maksa agar saya segera mentransfer, katanya jika uang tidak d transfer lagi maka barang nya tidak bisa dikirim..
dan sangat aneh mengapa pihak expedisi sampai ikut campur soal harga barang.. mengetahui aksinya ketahuan, no mereka langsung tidak aktif /tidak bisa d hubungi..dan iklan d OLX langsung d cut /lenyap..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Oktober 2018 pukul 19.55 delete

Saya juga barusan hampir ketipu , transfer via e-cash gataunya saya suruh sisain dana min 500rb di atm supaya bisa tarik uangnya .. bukannya dpt duit malah ilang duit untung rek gada saldonya 😂😂

Reply
avatar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya EmoticonEmoticon